Cerita Kinan dan Mbah Happy

Published January 21, 2012 by kinanthi09
Kinan dan Mbah Happy

Kinan dan Mbah Happy

Diatas itu  adalah photo photo kinan saat dimandikan sama “Mbah Happy”.

Siapa itu “Mbah Happy”??? namanya kok cantik gitu yah, nama sebenarnya adalah “Bingah” orang orang di desa mama menggangilnya “Mbah Bingah”, dia adalah seorang “dukun bayi” maksudnya orang yang suka menolong melahirkan dirumah. Jaman dulu kata mama kalo orang melahirkan dirumah ditolong dukun. Tapi mbah Bingah ini bukan sembarang duku bayi lho, dia dah dapat serfikat dan pelatihan dari puskesmas, jadi dah lumayan tahu kesehatan untuk ibu dan bayi. Mama coba pernah tanya tanya, dan jawaban mbah Happy kurang lebih sama seperti buku buku yang pernah mama baca.  Mbah Happy tahu bahwa berat bayi selama satu bulan harus naik berapa, terus 3 bulan berapa kilo progressnya, dan seterusnya lah.

Ceritanya, Mama takut buat mandiin aku sendiri saat baru pulang dari Rumah sakit,  Uti-ku?? walah apalagi, Uti-ku juga takut mandiin aku kalo masih merah gitu alias masih bayi, makanya Uti-ku langsung inisiatif  meng “hire” halah bahasanya kok gitu yah ma, hehehe lebih gampangnya gini, Uti meminta Mbah Happy memandikanku pagi dan sore hari. Jadi tiap hari selama satu bulan mbah Happy datang kerumah  untuk memandikan aku. Untungnya rumah mbak Happy dekat ma rumahku, mbah Happy dah ribuan bayi kali yang dirawat dan dimandiin atau dipijat, istilahnya  jam terbangnya dah tinggi, hehehe saoalnya dia dari muda kerjaannya memang seperti itu.  Giliran memandikan aku tidak terlalu pagi dan tidak terlalu sore, karena biasanya didahulukan sama beliau.

Kenapa dipanggil “Mbah Happy”?

Itu adalah sebutan ayah untuk beliau, awalnya pas ayah cuti menemaniku, tiap kali mbah bingah datang ayah selalu bilang “Dek itu mbah Happy dah datang, Ayo adek mandi ya” gitu kata ayah, lalu mama tanya,  “Ayah, kok mbah Happy sih?”  ayah kemudian menjawab lho iya tho, “Bingah itu dalam bahasa jawa Senang” nah kalo dibahasa Inggriskan  jadi Happy, makanya dari sejak saat itu kita jadi panggilnya “Mbah Happy”  untuk nama “Mbah BIngah”

Bungah= Bingah= Happy

Jasanya membuat Happy para ibu ibu didesa mama, Terimakasih Mbah Happy, Kinan akan ingat  jasa Mbah Happy.

Advertisements

5 comments on “Cerita Kinan dan Mbah Happy

  • Mb Ar….jadi inget sama Pak Happy..

    Adek Kinan, ibu Dini dulu juga takut untuk mandikan Dini…jadi waktu Dini bayi yang mandikan mamak sasa.
    Udah usia 2 bulan baru ibu berani mandikan kakak Dini

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: